Makalah Tentang Peran Penting Perpustakaan

SMC - Di samping melayani kebutuhan foto & percetakan, Sahira Media Center juga melayani pengetikan. Salah satunya adalah pengetikan makalah. Lazimnya makalah adalah tugas yang tidak hanya datang dari pihak sekolah, melainkan ada pula makalah-makalah yang diperuntukan dari dan untuk mahasiswa. Makalah juga hadir di tengah-tengah mereka-mereka yang membutuhkan rencana proyeksi terutama kontraktor yang diperuntukkan guna mempresentasikan proyek-proyek yang mereka buat. 

Berikut ini adalah makalah tentang perpustakaan yang kami rangkum dari berbagai sumber. Makalah yang berjudul Peran Penting Perpustakaan adalah tugas yang diperuntukkan siswa Sekolah Menengah Atas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Makalah ini lengkap dengan halaman depan, yang terdiri dari Halaman Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi dan Isi makalah yang terdiri pendahuluan, pembahasan, penutup dan daftar pustaka. 

Download Halaman Depan Makalah, Klik Download!
 https://drive.google.com/file/d/0Bxfm_7xBbtjXMVJLV1BmTFhGNlk/view?usp=sharing
Silahkan anda liat cuplikan makalah tentang Peran Penting Perpustakaan yang telah kami rangkum untuk menunjang atau memudahkan pencarian anda di google.com atau di google.co.id. tentang makalah tersebut. Makalah yang kami susun ini dapat anda download dengan mudah di google drive. Makalah ini sudah disusun dengan sangat rapi sesuai dengan tata aturan pembuatan makalah. 

Download Isi Makalah, Klik Download!
https://drive.google.com/file/d/0Bxfm_7xBbtjXaDN4VEdjYnN1RU0/view?usp=sharing
Kami juga akan memberikan makalah-makalah lainnya agar anda tidak terlalu sulit untuk mencari makalah-makalah lalu mengeditnya. Anda tinggal Klik Download lalu anda akan diarahkan ke google drive. Anda cari tautan unduh (download) maka makalah yang dimaksud akan tersimpan secara otomatis ke PC anda. Biasanya file downloaded akan tersimpan di Folder Download pada PC/Komputer anda. 

Berikut cuplikan pendahuluan makalah tersebut : 

Peran Penting Perpustakaan

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pembangunan Indonesia di bidang pendidikan dewasa ini dapat dilihat dari peningkatan sistem pelaksanaan pendidikan yang diusahakan dari waktu ke waktu. Seperti tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menggariskan bahwa pembangunan di bidang pendidikan adalah “upaya mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” (Depdiknas, UU No. 20 Th. 2003:pasal 3)

Peningkatan mutu pendidikan menjadi kewajiban semua pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan. Salah satu usaha dalam peningkatan mutu pendidikan adalah penyediaan perpustakaan sebagai sumber belajar yang dapat memberikan fasilitas belajar. Menurut (Syah, 2000:249), Pengajaran merupakan suatu sistem yang mempunyai komponen yang saling terkait untuk mencapai suatu tujuan. Salah satu komponen dari sistem pengajaran adalah sumber belajar yang dapat dipergunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar memerlukan interaksi dengan sumber belajar. Agar diperoleh hasil yang maksimal dengan tingkat interaksi yang tinggi, maka proses interaksi perlu dikembangkan secara sistematik.
Pengembangan proses interaksi dengan sumber belajar adalah merupakan suatu aktivitas dalam memanfaatkan sumber belajar. Aktivitas yang tinggi hendaknya memanfaatkan sumber belajar yang tersedia secara optimal terutama sumber belajar perpustakaan. Perpustakaan diharapkan dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai. Pencapaian tujuan ini untuk pengembangan pribadi siswa baik dalam mendidik diri sendiri secara berkesinambungan dalam memecahkan segala masalah, mempertinggi sikap sosial dan menciptakan masyarakat yang demokratis.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut tentang peran perpustakaan sekolah dalam menunjang proses belajar-mengajar di sekolah. Dengan keterbatasan waktu dan bahan penulis mencoba menggarap makalah ini dengan semaksimal mungkin. Apapun nanti kritikan yg penulis peroleh mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi penulis untuk lebih baik kedepannya. 

Semoga Makalah ini bermanfaat!!! Tim Sahira Media Center 


0 comments:

Post a Comment